top of page

Obat-Obat Tradisional yang Mendunia

Obat tradisional sampai kapanpun akan diminati masyarakat. Bahkan di pedesaan dan pelosok indonesia sebagian besar penduduknya masih mengandalkan obat-obatan tradisional yang baik diramu sendiri, diramu oleh tabib dan dukun maupun membeli dari perusahaan rumahan.

Karena tidak ada standard baku mengenai obat-obatan tradisional ini maka ada jutaan bahkan mungkin milyaran jenis obat tradisional. Apalagi obat-obatan yang diramu sendiri. Meskipun demikian kita patut bersyukur karena obat-obatan tradisional itu mampu menunjang kebutuhan masyarakat akan obat disaat obat medis tidak sampai pada daerahnya.

Hal seperti ini ternyata terjadi juga di belahan dunia yang lain. Saya hampir tidak percaya saat mengetahui jika hampir 96% masyarakat Afrika, Asia, Timur Tengah dan Amerika Latin ternyata mengkonsumsi obat-obatan tradisional. Bahkan di negara maju semacam Uni Eropa, ditengarai 87-90% rakyatnya mengkonsumsi obat-obatan tradisional.

Karena kebutuhan masyarakat dunia yang sangat besar maka supply obat tradisional untuk dunia menjadi salah satu industri yang sangat diperhitungkan. China yang terkenal dengan tabib yang bernama shin-she adalah pemasok obat tradisional dunia paling besar. Sekita2 23% pangsa pasar obat tradisional dunia disupply oleh china. Tidak aneh karena obat china dikenal kemanjurannya.

Berikut adalah Bahan obat-obatan tradisional paling terkenal di seluruh dunia:

Obat Anti Malaria Artemisinin

Obat Anti Malaria ini sangat terkenal karena kemanjurannya dalam melawan malaria. Obat ini dibuat dari tanaman bernama latin Artemisia Annua.

Tanaman ini sudah diteliti secara mendalam oleh dunia medis dan mendapat pengakuan dari WHO sebagai obat malaria. Dalam berbagai penelitian lanjutan, ditengarai tanaman ini juga berpotensi menjadi obat kanker. Saat ini di berbagai belahan dunia artemisinin dikembangkan dan diolah menjadi berbagai bahan obat medis untuk gangguan kesehatan lainnya.

Obat Asma Cromoglycate

Hampir sama dengan obat tradisional sebelumnya, obat ini sangat dikenal didunia. Khasiatnya yang handal dipergunakan sebagai terapi pengobatan asma. Di mesir dan timur tengah, tanaman ini digunakan untuk obat penghancur batu ginjal.

Cromoglycate didapatkan dari mengekstrak daun dan batang tanaman Kella (Ammi Visnaga). Tanaman ini menggandung zat yang dinamakan Khellin yang berfungsi sebagai obat asma.

Obat Kanker Etoposide

Anda pasti sedikit terkejut atau merasa aneh tentang adanya obat kanker. Ini memang klaim dari masyarakat china bahwa etoposide adalah obat kanker. Tapi menilik penggunaanya yang luas di seantero china, Jepang dan Wilayah-wilayah timur lainnya maka ada baiknya kita percaya akan khasiatnya.

Etoposide diambil dari tanaman podophyllotoxin (podophyllum peltatum).

Obat Berbagai Penyakit Hirudin

Anda yang tidak percaya akan adanya obat bermacam-macam penyakit kini patut percaya tentang obat ini. Sebenarnya hirudin bukanlah obat ajaib yang menyembuhkan berbagai macam penyakit namun hirudin memiliki fungsi anticoagulant yang baik dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itulah yang menyebabkan tubuh menjadi lebih kuat melawan penyakit yang berujung pada kesembuhan.

Hirudin didapat dengan cara mengekstrak protein dari lintah (hirudo medicinalis). Pengobatan dengan bahan dasar lintah berkembang didunia dan muli menyasar tripang laut yang memiliki kandungan anticoagulant lebih baik.

Obat Penurun Kolesterol Lovastatin

Obat tradisional satu ini diambil dari ekstrak jamur oyster (pleurotus ostreatus) yang dicampur dengan beras merah. Obat tradisional ini sangat dikenal di Cina, Jepang, Eropa Timur termasuk Rusia karena khasiatnya dalam menurunkan kolesterol. Cocok untuk negara-negara itu yang memiliki budaya makan daging.

Obat-obatan ini memiliki khasiat yang dipercaya secara turun temurun karena terbukti secara nyata dalam menyembuhkan penyakit. Namun sayangnya, tanaman, jamur, nunga tau buah yang dimaksud bisa memiliki efek yang berbeda antara satu tempat dengan yang lain. Karena itu penggunaan ekstrak jauh lebih baik dibanding meniru resep menggunakan tanaman yang sama yang didapat bukan di saerah asalnya.


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page